Advertisements

MAKALAH SEDIMENTASI PADA WADUK

MAKALAH SEDIMENTASI PADA WADUK


1.PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

          Telaga/danau/situ/waduk/embung adalah salah satu sumber air tawar yang menunjang kehidupan semua mahluk hidup dan kegiatan sosial ekonomi manusia. Ketersediaan sumber daya air, sangat mendasar untuk menunjang pengembangan ekonomi wilayah. Sumber daya air yang terbatas disuatu wilayah mempunyai implikasi kepada kegiatan pembangunan yang terbatas dan pada akhirnya kegiatan ekonomipun terbatas sehingga kemakmuran rakyat makin lama tercapai. Ekosistem waduk memiliki peran penting dalam menjamin kualitas dan kuantitas ketersediaan air tawar. waduk juga sangat berpengaruh terhadap perubahan parameter iklim. Variasi suhu dan curah hujan misalnya, dapat langsung berpengaruh pada penguapan air, tinggi permukaan dari volume air, keseimbangan air dan produktivitas biologis perairan waduk.
          Waduk menurut pengertian umum adalah tempat pada permukaan tanah yang dimaksudkan untuk menyimpan atau menampung air saat terjadi kelebihan air/musim penghujan, kemudian air yang melimpah tersebut dimanfaatkan untuk keperluan pertanian dan berbagai keperluan lainnya pada saat musim kemarau (Ariestamaya,2012).
Pada bendungan terdapat beberapa permasalahan-permasalahan, salah Salah satu masalah yang dihadapi dalam pengelolaan waduk adalah masalah sedimentasi. Sedimen adalah kepingan material yang terbentuk oleh proses fisika dan kimia yang terjadi pada tanah dan batuan. Apabila suatu partikel sedimen terlepas maka ada kemungkinan untuk terangkut oleh angin, air maupun akibat gravitasi. Bila partikel tersebut yang mengangkut adalah air maka disebut angkutan fluvial.
Sedimentasi yang terjadi pada waduk dapat disebabkan akibat erosi yang terjadi pada lahan-lahan kritis yang terdapat pada daerah tangkapan waduk. Jika material sedimen yang terbentuk akibat erosi lahan tersebut masuk ke dalam aliran sungai dalam jumlah yang besar maka akan menyebabkan laju sedimen yang masuk ke dalam waduk menjadi besar bahkan akan melampaui laju sedimen rencana.

Sedimentasi merupakan permasalahan yang sangat penting dalam perencanaan umur waduk, dimana umur waduk ditentukan oleh berapa lamanya volume tampungan mati terisi endapan material sedimen. Sedimen yang mengendap diatas tampungan matinya akan mengurangi volume efektif waduk. Permasalahan – permasalahan yang timbul akibat sedimentasi ini antara lain:

1.      Berkurangnya kapasitas tampungan waduk yang mengakibatkan berkurangnya kapasitas pengendalian banjir, produksi listrik dan pangan.
2.      Perlunya pembangunan waduk baru untuk memenuhi kebutuhan air yang terus meningkat sementara kemampuan pembangunan bendungan baru menurun.
3.      Waduk yang telah menurun fungsinya karena berkurangnya kapasitas oleh sedimentasi tetap memerlukan pemeliharaan.
4.      Proses penghentian fungsi bendungan (decomissioning) untuk waduk yang telah penuh terisi sedimen membutuhkan biaya yang besar,

Dengan besarnya pengaruh sedimentasi dalam kelangsungan waduk dan tingginya sedimen yang masuk waduk,  maka perlu adanya strategi pengelolaan sedimentasi untuk mengurangi masalah pada waduk akibat sedimen.

1.2  Rumusan Masalah
1.2.1 Bagaimana kondisi sedimentasi waduk di Indonesia?
1.2.2 Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi sedimentasi waduk ?

1.2.3 Bagaimana susunan strategi pengelolaan sedimentasi pada waduk ?


download GRATIS makalah lengkapnya disini

terimakasih atas kunjungannya ^_^
MAKALAH SEDIMENTASI PADA WADUK MAKALAH SEDIMENTASI PADA WADUK Reviewed by FAJAR'S WORLD on 09.15 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.