Advertisements

Penggunaan Material Polymer Dalam Teknik Sipil

Penggunaan Material Polymer Dalam Teknik Sipil

1.      Pengertian Polymer
Suatu polimer adalah rantai berulang dari atom yang panjang, terbentuk dari pengikat yang berupa molekul identik yang disebut monomer. Sekalipun biasanya merupakan organik (memiliki rantai karbon), ada juga banyak polimer inorganik. Contoh terkenal dari polimer adalah plastik dan DNA.

2.      Jenis-jenis dan Kegunaan polymer untuk bangunan
a.       Poly Vinly Chlorine (PVC)

Sifat Fisik : Keras, kuat, tahan terhadap bahan kimia, dan dapat diperoleh dalam berbagai warna
Kegunaan :Polivinil klorida(IUPAC: Poli(kloroetanadiol)), biasa disingkat PVC, Plastik PVC bersifat termo plastik dengan daya tahan kuat. Plastik ini juga bersifat tahan serta kedap terhadap minyak dan bahan organik. Ada dua tipe plastik PVC yaitu bentuk kaku dan bentuk fleksibel.Plastik bentuk kaku digunakan untuk membuat konstruksi bangunan, mainan anak-anak,  pipa PVC (paralon), meja, lemari, piringan hitam, dan beberapa komponen mobil. Adapun plastik bentuk fleksibel, jenis ini digunakan untuk membuat selang plastik dan isolasi listrik.Dalam hal penggunaannya, plastic PVC menempati urutan ketiga dan sekitar 68% digunakan untuk konstruksi bangunan (pipa saluran air).

b.      Teflon

Sifat Fisik : sangat kuat, berwarna putih, tahan pada temperatur -2400C sampai 2500C, tahan radiasi UV, tahan segala cuaca dan anti lengket, berat jenis kira-kira 2,2 g/cml, tahan terhadap bahan kimia.
Kegunaan : Teflon merupakan nama lain dari Politetrafluoroetena (PTFE).Teflon merupakan lapisan tipis yang sangat tahan panas dan tahan terhadap bahan kimia.Teflon digunakan untuk pelapis wajan (panci anti lengket), pelapis tangki di pabrik kimia, pipa anti patah, dan kabel listrik.
c.      
Polietilena


Sifat Fisik : titik leleh berkisar 12000C hingga 13500C, tingkat resistansi kimia yang sangat baik, tidak larut pada temperatur ruang, aromatik.
Kegunaan : Terdapat dua jenis plastik PE, yaitu Low Density Polyethylene (LDPE) dan High Density Polyethylene (HDPE). Plastik LDPE banyak digunakan sebagai kantung plastik serta pembungkus makanan dan barang.
Plastik HDPE banyak digunakan sebagai bahan dasar membuat mainan anak-anak, pipa yang kuat, bahan bangunan, tangki korek api gas, badan radio dan televisi, serta piringan hitam.


 Download GRATIS materinya disini

Terimakasih atas kunjungannya ^_^
Penggunaan Material Polymer Dalam Teknik Sipil Penggunaan Material Polymer Dalam Teknik Sipil Reviewed by FAJAR'S WORLD on 07.45 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.