Advertisements

Pengantar Pondasi Dangkal

Pengantar Pondasi Dangkal

download Gratis materi di link bawah tulisan ini
Preview File :
I. PONDASI DANGKAL
                                                                
1. Pendahuluan

Menurut Hardiyatmo, HC (2001) pondasi adalah bagian terendah dari bangunan yang meneruskan beban bangunan ke tanah atau batuan yang berada di bawahnya. Terdapat dua klasifikasi pondasi yaitu; (a) pondasi dangkal dan (b) pondasi dalam ( akan dibahas pada materi lain ). Sampai saat ini masih sulit untuk mendefinisikan pondasi dangkal, karena sangat tergantung dari masing­masing ahli tanah yang menginterpretasikan. Sebagai contoh Terzaghi tnendefinisikan pondasi dangkal adalah;
(a). Apabila kedalaman pondasi (Df) lebih kecil atau sama dengan lebar bawah pondasi (B) {Df<B} (b). Apabila penyebaran tegangan pada struktur pondasi ke tanah di bawahnya yang berupa lapisan penyangga (Z) lebih kecil atau sama dengan lebar pondasi bawah (B) -->

{ Z < B} .

2. Tipe-tipe Keruntuhan Fondasi

Untuk mempelajari perilaku tanah pada saat permulaan pembebanan sampai mencapai keruntuhan, dilakukan tinjauan terhadap suatu fondasi kaku pada kedalaman dasar fon­dasi yang tak lebih dari lebar fondasinya. Penambahan beban fondasi dilakukan secara berangsur-angsur (Gambar 3.2).

Fase I. Saat awal penerapan bebannya, tanah di bawah fondasi turun yang diikuti oleh deformasi tanah secara lateral dan vertikal ke bawah. Sejauh beban yang diterapkan relatif kecil, penurunan yang terjadi kira-kira sebanding dengan besarnya beban yang diterapkan. Dalam keadaan ini, tanah dalam kondisi keseimbangan elastis. Massa tanah yang terletak di bawah fondasi mengalami kompresi yang mengakibatkan kenaikan kuat geser tanah, yang dengan demikian menambah daya dukungnya.

Fase II. Pada penambahan beban selanjutnya, baji tanah terbentuk tepat di dasar fondasi dan deformasi plastis tanah menjadi semakin dominan. Gerakan tanah pada kedudukan plastis dimulai dari tepi fondasi, dan kemudian dengan bertambahnya beban, zona plastis berkembang. Gerakan tanah ke arah lateral menjadi semakin nyata yang diikuti oleh retak­an lokal dan geseran tanah di sekeliling tepi fondasinya. Dalam zona plastis, kuat geser ta­nah sepenuhnya berkembang untuk menahan bebannya.

Fase III.Fase ini dikarakteristikkan oleh kecepatan deformasi yang semakin bertambah seiring dengan penambahan bebannya. Deformasi tersebut diikuti oleh gerakan tanah ke arah luar yang diikuti oleh menggembungnya tanah permukaan, dan kemudian, tanah pendukung fondasi mengalami keruntuhan dengan bidang runtuh yang berbentuk leng­kungan dan garis, yang disebut bidang geser radial dan bidang geser linier.

2.1. Keruntuhan geser umum.
Keruntuhan fondasi terjadi menurut bidang runtuh yang dapat diidentifikasi dengan jelas. Suatu baji tanah terbentuk tepat pada dasar fondasi (zona A) yang menekan tanah ke bawah hingga menyebabkan aliran tanah secara plastis pada zona, Gerakan ke arah luar di kedua zona tersebut, ditahan oleh tahanan tanah pasif di bagian Saat tahanan tanah pasif bagian C terlampaui, terjadi gerakan tanah yang mengakibat­kan penggembungan tanah di sekitar fondasi. Bidang longsor yang terbentuk, berupa lengkungan dan garis lurus yang menembus hingga mencapai permukan tanah. Saat keruntuhannya, terjadi gerakan massa tanah ke arah luar dan ke atas (Gambar 3a). Kerun­tuhan geser umum terjadi dalam waktu yang relatif mendadak, yang diikuti oleh penggu­lingan fondasinya.

2.2. Keruntuhan geser lokal.
 Tipe keruntuhannya hampir sama dengan keruntuhan geser umum, namun bidang runtuh yang terbentuk tidak sampai mencapai permukaan tanah. Jadi, bidang runtuh yang kontinu tak berkembang. Fondasi tenggelam akibat bertambah­nya beban pada kedalaman yang relatif dalam, yang menyebabkan tanah di dekatnya mampat. Tetapi, rnampatnya tanah tidak sampai mengakibatkan kedudukan kritis kerun­tuhan tanahnya, sehingga zona plastis tak berkembang seperti pada keruntuhan geser umum. Dalam tipe keruntuhan geser lokal, terdapat sedikit penggembungan tanah di sekitar fon­dasi, namun tak terjadi penggulingan fondasi (Garnbar 3b).

Silahkan Download materi lengkapnya GRATIS disini

Terimakasih atas kunjungannya ^_^
Pengantar Pondasi Dangkal Pengantar Pondasi Dangkal Reviewed by FAJAR'S WORLD on 09.03 Rating: 5

1 komentar:

Gambar tema oleh mariusFM77. Diberdayakan oleh Blogger.